Beranda | Artikel
Emosi, Salah Satu Pintu Setan untuk Menggoda Manusia - Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Jumat, 10 April 2015

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Emosi, Salah Satu Pintu Setan untuk Menggoda Manusia

Di antara pintu setan untuk menggoda manusia adalah emosi kemarahan. Karena dari pintu emosi inilah setan mampu mempermainkan perasaan-perasaan manusia. Setan berusaha berusaha untuk menyesatkan manusia, setan pula berusaha mengadu domba dan menyebabkan huru-hara dengan emosi-emosi yang ada pada diri manusia.

Dari pintu emosi ini pula banyak di antara kaum muslimin yang kalah di depan emosinya. Bahkan terkadang seorang yang berilmu pun bisa jatuh di depan emosinya.

Jika kita perhatikan dalam sejarah Islam, emosi inilah yang selalu digunakan oleh musuh-musuh Islam untuk merusak dan menghancurkan Islam dari dalam. Dahulu Abdullah bin Saba juga menggunakan senjata ini untuk menghasut dan menggulingkan pemerintahan sahabat Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu. Dia menyebarkan berita-berita dusta dan kejelekan tentang Utsman dan menuduh bahwa Utsman menzalimi ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. Sehingga orang-orang emosi dan marah kepada sahabat Utsman dan mengeroyok hingga akhirnya Utsman meninggal dunia di bunuh dengan sadisnya.

Emosi dan kemarahan juga sengaja digunakan oleh musuh-musuh Islam untuk menghancurkan persatuan kaum muslimin. Tatkala emosi dan kemarahan kaum muslimin terpancing, maka kacaulah keadaan mereka. Maka dari itu, setiap dari kita hendaknya tidak mudah terpancing dan dengan berita-berita yang beredar, baik itu di facebook, whatsapp, atau media sosial yang lainnya.

Janganlah suka buru-buru dalam menyebarkan berita yang tidak jelas atau bahkan bisa menyebabkan ketakutan dalam diri kaum muslimin. Hendaknya setiap dari kita mencermati firman Allah Ta’ala berikut ini:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن جَاءكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَأٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْماً بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Silakan simak penjelasan selengkapnya dari khutbah Jumat yang singkat namun bermanfaat ini dengan mendownloadnya sekarang juga. Semoga Bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/12821-emosi-salah-satu-pintu-setan-untuk-menggoda-manusia-khutbah-jumat-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/